I Ketut Widiastawa

Menulis adalah tantangan. Merelakan diri lakoni dengan ketulusan hati merupakan sebuah yadnya. Lahir di Bangli 19 Desember 1968. Istrinya, Made Sri...

Selengkapnya
Navigasi Web
ADAKAH YANG UNIK DARI ANGKA  02022020 INI

ADAKAH YANG UNIK DARI ANGKA 02022020 INI

ADAKAH YANG UNIK DARI ANGKA 02022020 INI

Oleh I Ketut Widiastawa

#Tan01#

Saat

02022020

Bertengger di Februarimu...

Rupanya secantik wajahmu

Goda mataku

Akan aku abadikan angka ini dalam hidupku. Tahukah kamu, bahwa jumlah angka nol dan angka dua sama. Bagiku angka nol yang mengawali deretan tanggal ini menandakan bahwa hidup mesti diawali dengan kekosongan pikiran. Dan angka nol di akhir menyiratkan bahwa hidup akan berakhir juga dengan mengosongkan pikiran.

Angka dua menyiratkan bahwa kita mesti jalani hidup dengan berbagai rwa bhinnedanya. Bahkan pertanyaan besar kita saat baru lahir adalah hidup atau mati. Dua hal ini kadang tidak bisa dipilih begitu saja. Yang Maha Kuasalah yang membagikan kepada kita. Manusia hanya bisa pasrah.

Dan selanjutnya muncul angka nol lagi... Yang menyiratkan kita mesti mengosongkan pikiran lagi. Dengan mencari jati diri kita. Dan jati diri bisa dicari dan ditempa dalam proses belajar. Dalam proses pendidikan di lembaga yang bernama sekolah. Di situlah manusia ditempa dengan berbagai ilmu pengetahuan.

Jhon Lock pernah berujar bahwa anak adalah kertas putih. Selanjutnya tergantung lingkungan yang akan menuliskan apa pada kertas putih ini. Kebaikan atau keburukan.

Keluarga dan orang tua sebagai lingkungan pertama dan utama sangat menentukan perkembangan anak. Sikap dan jati diri anak mulai terbentuk pada lingkungan keluarga. Terlebih masa-masa emas anak, peran orang tua sangatlah penting.

Sekolah sebagai lingkungan kedua bagi anak tentu sangat berperan untuk memanusiakan anak. Bagaimana usaha sekolah untuk menempa anak menjadi manusia baik, peran guru tentu sangat besar. Menyuruh anak agar patuh pada aturan sekolah tidaklah sulit. Tapi menjadi contoh mematuhi aturan sekolah tidak semua guru mampu melakukan.

Saat penilaian dilakukan sebagai hal yang sangat ditunggu-tunggu anak mesti dikemas dengan sebaik mungkin. Sikap adil dan objektif sangat diperlukan. Menunda penyampaian laporan hasil belajar tentu sesuatu yang sangat menjengkelkan. Pemberian penghargaan pada anak yang berprestasi akan jadi mimpi kejatuhan bulan bagi anak. Pemberian hukuman bagi anak yang bermasalah adalah cemeti baginya untuk selalu taat dan rajin belajar.

Pertanyaan kamu selanjutnya, apa arti angka dua yang kembar di tengah?

Untuk menjawab pertanyaanmu ini... Aku mesti menarik nafas dulu. Karena sepagi ini saat kuungkapkan pikiranku kamu belum suguhkan secangkir kopi sayang...

Pikiranku perlu dihangatkan dulu sayang...

Baiklah, sayang...

Terima kasih suguhan secangkir kopimu dan seonggok ketela rebusmu. Aku rasa cukup mengganjal perutku. Cukup juga menghangatkan pikiranku utk melanjutkan tulisan ini.

Angka dua yg kembar di tengah menyiratkan bahwa kita mesti selalu berpasangan. Manusia diberi anugerah berupa cinta dan kasih sayang. Dengan anugerah inilah manusia diwajibkan untuk melestarikan keturunannya. Untuk itu, manusia sebenarnya wajib mencari pasangan. Tentu saja pasangan sehidup dan semati.

Setelah berhasil menemukan pasangan yang cocok, kelahiran anak-anak yang suputra sangat dinanti. Kehadiran anak sebagai penerus keturunan mesti dapat perhatian yang serius. Kata orang "buat anak jangan main-main".

Setelah angka dua kembar disusul hadirnya angka nol lagi. Angka nol ini menyiratkan kita mesti kembali mengosongkan pikiran dalam memupuk rasa kedalaman hidup yang tinggi. Pasangan hidup dan anak telah menghiasi perjalanan hidup kita. Melihat kedalam diri tentu sudah waktunya dilakukan. Di sinilah perlu mulat sarira.

Angka dua terakhir pada deretan tanggal ini menyiratkan pilihan hidup yang sejati. Mulai belajar merasakan hidup yang sebenarnya. Dalam keadaaan bahagia tidak terlalu dinikmati sebagai kebahagiaan yang maha tunggal. Dalam keadaan sedih dan derita tidak justru terpuruk dalam kesedihan dan tangis yang tiada Tara. Di sinilah perlu keseimbangan pikiran dan hati hadapi dua hal yg bertentangan. Baik dan buruk. Sedih dan gembira. Untung dan buntung. Hidup dan mati.

Akhirnya, angka nol mengakhiri tanggal hari ini. Ayo kita kosongkan pikiran sejenak. Renungi apa yang sudah kita lakukan. Karena sebentar lagi aroma kasih sayang akan ditebarkan dg rasa coklat. Keunikan angka tanggal ini jadikan inspirasi untuk mencetak generasi unik. Generasi yang mampu antarkan kemajuan bangsa dan negara.

Salam damai

Bangli, 01 Februari 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

mantaap

07 Jun
Balas

Terima kasih Mbak... salam literasi...

07 Jun

Keren

07 Jun
Balas

Terima kasih Mbak... Salam bahagia

07 Jun



search

New Post